Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » Curug Luhur Kabupaten Bogor

Curug Luhur Kabupaten Bogor




Aksi Kota Bogor - Curug Luhur adalah nama sebuah air terjun yang berada di kaki Gunung Salak. Curug artinya dalam bahasa Sunda adalah air terjun dan luhur artinya tinggi. Nama curug ini bisa diartikan sebagai curug tinggi atau tertinggi. Nama ini mengacu pada fisiknya yang merupakan yang tertinggi diantara berbagai curug yang ada di kaki gunung simbol Bogor tersebut. Tinggi curug ini sekitar 62 meter dari permukaan tanah.

Curug Luhur sudah sejak lama merupakan sebuah obyek wisata yang mengandalkan pada keindahan alam sekitarnya. Disana terdapat kolam air tepat dibawah curahan air. Sekitarnya pun terdapat sungai kecil yang mengalirkan air dari sang air terjun. Panorama alam yang asri dan tenang dulu merupakan hal yang dikedepankan untuk menarik pengunjung.Curug Luhur terdapat di Desa Ciapus Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Jaraknya sekitar 20-22 kilometer (diukur memakai odometer Supra Fit November 2014 yang lalu) dari Kebun Raya Bogor. Waktu tempuh (tergantung jenis angkutan yang dipakai serta kondisi lalu lintas) berkisar antara 1 sampai 1 1/2 jam.

Cara menuju ke Curug Luhur
Bila memakai kendaraan pribadi, lokasinya dapat dicapai melalui dua jalur (dari Jakarta)

Melalui Kebun Raya – Empang – Cikaret – Ciapus
Melalui Jalan Soleh Iskandar – Jalan Ciomas – Laladon – Simpang Pagelaran (belok kanan lurus) – Curug Luhur
Jaraknya hampir sama. Hanya di opsi no 2 tingkat kepadatan lalu lintas lebih rendah karena melalui jalur perkampungan. Walaupun demikian jalur no 2, jalannya sudah teraspal dengan baik.

Kalau memakai kendaraan umum tersedia angkot no 03 Biru jurusan Ramayana – Ciapus tersedia di depan Bogor Trade Mall/Museum Zoologi. Sayangnya angkot ini akhir rutenya adalah di perempatan Ciapus yang jaraknya masih 7 kilometer dari lokasi. Secara resmi tidak ada angkot lanjutan menuju loasi curug. Walaupun demikian seringkali angkot no 03 Biru ini bisa melanjutkan perjalanan dengan ongkos ekstra (kalau penumpangnya penuh).

Oleh karena itu disarankan lebih baik memakai kendaraan pribadi apabila hendak ke Curug Luhur

Wisata air yang cukup banyak fasilitas berenangnya di bogor salah satunya adalah Curug Luhur. Terletak di kaki Gunung Salak sangat cocok bagi anda yang ingin merasakan sensasi dinginya air pegunungan nan jernih. Anda pun bisa berenang sepuasnya dan akses menuju lokasinya pun sangat mudah.

Baca juga : Curug Nangka

Bila anda ingin berwisata ke air terjun ini, maka ada beberapa hal yang harus anda perhitungkan.

> Pertama adalah harga tiket masuk
> Kedua yaitu harga parkiran motor/mobil
> Persediaan makanan/minuman
> Membawa Pakaian ganti

Saya akan  berikan gambarannya :

Contoh :

1. Tiket Masuk Rp 40.000,-
2. Parkir Motor Rp 5.000,-
3. Makan dan Minum Rp 30.000
4. Beli Baju untuk Oleh-oleh Rp 80.000

Jadi uang yang harus anda siapkan untuk berwisata adalah Rp 155.000,-

Itulah yang harus anda perhatikan dan persiapkan bila anda ingin berwisata ke air terjun Curug Luhur

*) Harga hanya ilustrasi

Sumber Asli



SHARE

About Admin Aksi Kota Bogor